Pages

Kamis, 02 Februari 2012

Nama Lain Al-Qur'an


NAMA-NAMA LAIN AL-QUR’AN

1.    Al-Kitab (ditulis)
Allah menamakan Al-Qur’an dengan Al-Kitab yang disini berarti yang
ditulis. Sebagai isyarat bahwa Al-Qur’an diperintahkan untuk ditulis.

Artinya: Kitab  (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (Q.S Al-Baqoroh[2] :2)
 
Artinya: Dia menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil. (Q.S Ali-imron[3]:3)

2.    Al-Furqon (pembeda)
 Al-Qur’an disebut juga Al-Furqon karena Alqur’an berfungsi untuk membedakan antara yang benar dan yang salah.
 
Artinya: Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam(Q.S Al-Furqon[25]:1)

3.    Al-Balagh (penyampai)
Al-Balagh merupakan nama lain Al-Qur’an karena Al-Qur’an sebagai penyampai kabar kepada manusia.
 
Artinya: (Al Qur’an) ini adalah penjelasan (yang sempurna) bagi manusia, agar mereka diberi peringatan dengannya, agar mereka mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran. (QS Ibraahiim [14] : 52)

4.    Al-Bayan (penjelas)
Al-Bayan diseut juga Al-Qur’an karena Al-Qur’an berfungsi sebagai penjelas dan penerang tentang kebenaran islam dari Allah.
 
Artinya: Inilah (Al Qur’an) suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (QS Ali Imraan [3] : 138)

5.    Al-Bayyinah (bukti yang nyata)
Al-Bayyinah Adalah nama lain dari Al-qur’an karna Al-Qur’an merupakan bukti yang nyata telah dari Allah.
 
Artinya: Orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata(Al Qur’an). (Q.S Al-Bayyinah[98]:1)
 
Artinya : Apakah (orang-orang kafir itu sama dengan) orang-orang yang ada mempunyai bukti yang nyata (Al Quran) dari Tuhannya, dan di ikuti pula oleh seorang saksi (Muhammad) dari Allah dan sebelum Al Quran itu telah ada Kitab Musa yang menjadi pedoman dan rahmat?  Mereka itu beriman kepada Al Quran. Dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy)  dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al Quran, maka nerakalah tempat yang diancamkan  baginya, karena itu janganlah kamu ragu-ragu terhadap Al Quran itu. Sesungguhnya (Al Quran)  itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman. (Q.S Hud[11]:17)

6.    Al-Huda (petunjuk)
Al-Qur’an disebuut juga Al-Huda karena ia berisi petunjuk bagi seluruh umat manusia.
 
Artinya: Dan sesungguhnya ketika kami (jin) mendengar petunjuk (Al Qur’an), kami beriman kepadanya. Maka barangsiapa beriman kepadaTuhan maka tidak perlu ia takut rugi atau berdosa.  (QS Al Jin [72] : 13)

7.    Al-Haqq (kebenaran)
Al-Qur’an disebut juga Al-Haqq karena Al-Qur’an benar-benar dari Allah.
 
Artinya : Katakanlah: "Hai manusia, sesungguhnya teIah datang kepadamu kebenaran (Al Quran) dari  Tuhanmu, sebab itu barangsiapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya (petunjuk itu) untuk  kebaikan dirinya sendiri. Dan barangsiapa yang sesat, maka sesungguhnya kesesatannya itu mencelakakan dirinya sendiri. Dan aku bukanlah seorang penjaga terhadap dirimu." (Q.S Yunus[10]:108)
 
Artinya : Dan tatkala kebenaran (Al Quran) itu datang kepada mereka, mereka berkata: "Ini adalah sihir dan sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingkarinya." (Q.S Az-Zukhruf[43]:30)

8.    Al-Hukum (peraturan/hukum)
Al-Qur’an disebut juga Al-Hukum karena Al-Qur’an berisikan hukum-hukum dan peraturan-peraturan.
 
Artinya : Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah. (Q.S Ar-Rad’[13]:37)

9.    Al-Hikmah
Al-Hikmah merupakan nama lain dari Al-Qur’an karena segala yang terkandung dalam Al-Qur’an adalah kebijaksanaan.
 
Artinya : Itulah sebagian hikmah diwahyukan Tuhan kepadamu (Muhammad). Dan janganlah engkau mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, nanti engkau dilempar ke dalam neraka dalam keadaan tercela dan dijauhkan (dari rahmat Allah). (Q.S Al-Isro’[17]:39)

10.    Al-Kalam (firman Allah)
Sebab Al-Qur’an disebut dengan Al-kalam karena Al-Qur’an merupakan firman Allah.
 
Artinya : Dan jika di antara kaum musyrikin ada yang meminta perlindungan kepadanmu, maka lindungilah agar dia dapar mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah dia ke tempat yang aman baginya. (Demikian) itu karena sesungguhnya mereka kaum yang tidak mengetahui.” (QS At Taubah [9] :6)

11.    Al-Busyro (kabar gembira)
Al-Busyro disebut juga dengan Al-Qur’an karena Al-Qur’an pembawa kabar gembira.
 
Artinya : Katakanlah, “Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al Qur’an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang berserah diri (kepada Allah).” (QS An Nahl [16] : 102)

12.    Al-Basho’ir (pedoman)
Al-Qur’an disebut juga dengan Al-Basho’ir karena Al-Qur’an berfungsi sebagai pedoman hidup manusia.
 
Artinya : (Al Qur’an) ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini. (QS Al Jaasiyah [45] : 20)

13.    Al-Qoul (ucapan)
Al-Qoul disebut juga Al-Qur’an karena Al-Qur’an merupakan wahyu (Allah yang diturunkan kepada) Rasul yang mulia,
 
Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami turunkan berturut-turut perkataan ini (Al Quran) kepada mereka agar mereka mendapat pelajaran.(Q.S Al-Qosos[28]:51)

14.    Al-Mauidhoh (pelajaran)
Al-Qur’an disebut juga Al-Mau’idhoh karena Al-Qur’an berisi pelajaran.
 
Artinya : Wahai manusia! Sesungguhnya, telah datang kepadamu pelajaran (Al Qur’an) daru Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada di dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS Yunus [10] : 57)

15.    An-Nur (cahaya)
An-Nur disebut juga Al-qur’an kerana ia merupakan cahaya yang terang benderang menerangi alam semesta.
 
Artinya: Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad 
dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran).(Q.S An-Nisa’[4]:174)

16.    Ar-Rohmah
Ar-rohmah adalah nama lain Al-Qur’an karena Al-Qur’an penuh rohmat bagi yang beriman.
 
Artinya: Dan sungguh, (Al Qur’an) itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS An Naml [27] : 77)

17.    Ar-Ruh
Al-Qur’an disebut juga Ar-Ruh karena Al-Qur’an mampu menghidupkan akal pikiran manusia dan membimbingnya ke jalan yang lurus.
 
Artinya : Dan demikianlah Kami wahyulan kepadamu (Muhammad) ruh (Al Qur’an) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab (Al Qur’an dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Al Qur’an itu cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sungguh, engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus.” (QS Asy Syuuraa [42] : 52)

18.    Asy-Syifa’ (obat)
Asy-Syifa’ adalah nama lain Al-Qur’an karena Al-Qur’an mampu mengobati penyakit baik lahir maupun bathin.
 
Artinya : Wahai manusia! Sesungguhnya, telah datang kepadamu pelajaran (Al Qur’an) daru Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada di dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS Yuunus [10] : 57)

19.    At-Tanzil (yang diturunkan)
At-Tanzil disebut sebagai nama lain Al-Qur’an karena Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad.
 
Artinya: Yang demikian itu adalah karena Sesungguhnya mereka benci kepada apa yang diturunkan Allah (Al Quran) lalu Allah menghapuskan (pahala-pahala) amal-amal mereka. (Q.S Muhammad[47]:9)

20.    Az-Zikr (pemberi peringatan)
Az-Zikr disebut juga Al-Qur’an karena Al-Qur’an tidak hanya berfungsi pembawa kabar gembira melainkan juga pembawa peringatan.
 
Artinya : Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Qur’an dan pasti Kami (pula) yang memeliaranya.” (QS Al Hijr [15] : 9)
 
Artinya : Demikianlah (kisah 'Isa), Kami membacakannya kepada kamu sebagian dari bukti-bukti (kerasulannya) dan (membacakan) Al Quran yang penuh hikmah.(Q.S Ali imran[3]:58)

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.