Pages

Minggu, 28 Agustus 2016

Manakah dari Kebijakan Makro Ekonomi (Fiskal dan atau Moneter) yang lebih dahulu diterapkan? Mengapa?

Manakah dari Kebijakan Makro Ekonomi (Fiskal dan atau Moneter) yang lebih dahulu diterapkan? Mengapa?



Jawab :
Nama     : Rif’atin Aprilia

NIM      : 2013 0232 9053

Tujuan kebijakan fiskal lebih difokuskan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mendorong pertumbuhan ekonomi. Tetapi mendorong pertumbuhan ekonomi yang berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya defisit fiskal yang dapat membahayakan stabilitas ekonomi makro.
Tujuan kebijakan moneter lebih difokuskan pada stabilitas harga.
Segala kebijakan yang mendorong pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek, akan menciptakan inflasi sehingga tidak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi riil dalam jangka panjang. Kebijakan moneter mempunyai tenggang waktu dalam mempengaruhi variabel ekonomi, sehingga menuntut kebijakan moneter yang forward looking (melihat ke depan) dan kestabilan harga dapat mendorong terciptanya iklim ekonomi yang lebih baik karena mengurangi laju inflasi.
Penetapan stabilitas harga akan mendorong kesinambungan pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang

Jadi dalam jangka pendek, akan ada konflik antara kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Jika Bank Sentral hendak mencapai stabilitas harga, maka kebijakan fiskal harus berjuang untuk menekan permintaan agregat dan meningkatkan peningkatan output.
Sedangkan dalam jangka panjang, kebijakan moneter dapat mencapai kestabilan harga (inflasi) tanpa bertentangan dengan kebijakan fiskal.
Jadi, pemerintah dapat menggunakan kebijakan fiskal yang cocok dan sesuai yang dibutuhkan negara saat itu. Pada situasi tersebut, tidak diperlukannya adanya koordinasi antara kebijakan fiskal dan moneter.

Tetapi dalam menghadapi masalah inflasi dan masalah output, koordinasi kebijakan moneter dan fiskal lebih bermafaat, dibandingkan tanpa koordinasi, dalam rangka mengurangi kerugian yang ditimbulkan.
Apabila otoritas fiskal berusaha keras untuk mempengaruhi permintaan agregat dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi dan distribusi pendapatan yang diinginkan sedangkan otoritas moneter berusaha keras juga menyerap stimulus fiskal tersebut dalam rangka mencapai target inflasi yang diinginkan, maka konflik ini tidak memberikan hasil yang optimal kecuali kedua kebijakan tersebut berkoordinasi.


Kebijakan koordinasi (gabungan) lebih efektif daripada kebijakan yang diambil sendiri-sendiri.
--- # ----
Rifatin Aprilia - Fafa Apriel - Fatin - Rif'atin Aprilia - Danial Syafiq ArifsyRifatin Aprilia - Fafa Apriel - Fatin - Rif'atin Aprilia - Danial Syafiq Arifsy

Rifatin Aprilia - Fafa Apriel - Fatin - Rif'atin Aprilia - Abdullah Ukasa

Rifatin Aprilia - Fafa Apriel - Fatin - Rif'atin Aprilia




0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates